Langsung ke konten utama

Jenis – Jenis Fintech yang Ada di Indonesia


Saat ini teknologi terus mengalami peningkatan, tak terkecuali dalam bidang ekonomi dan pendanaan. Zaman dulu, orang-orang melakukan transaksi secara manual yang cukup memakan waktu dan tenaga. Berbeda dengan masa kini yang segala sesuatu bisa dilakukan dengan gawai, termasuk transaksi keuangan.

Saat ini, terdapat istilah yang populer di kalangan masyarakat, yaitu fintech (financial technology), fintech sangat populer di kalangan masyarakat terutama mereka yang aktif di bidang teknologi. Lantas apa itu fintech?

Definisi Fintech
NDRC (National Digital Research Centre) menuturkan bahwa fintech merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyebut inovasi dalam bidang jasa keuangan (finansial), inovasi tersebut berupa teknologi modern atau bisa juga disebut dengan segmen di dunia start-up.

Inovasi tersebut bertujuan untuk membantu memaksimalkan penggunaan teknologi untuk mengubah dan mempercepat berbagai proses pelayanan keuangan. Sehingga, mulai dari metode pembayaran, pengumpulan dana, transfer, pinjaman hingga pengelolaan aset bisa dimudahkan menggunakan teknologi.

Jenis – Jenis Fintech yang Ada di Indonesia

Jenis – Jenis Fintech
FBS (Financial Stability Board) membagi fintech menjadi 4 kategori, pembagian tersebut dilakukan berdasarkan jenis inovasinya.

1.     Peer to Peer (P2P) Lending dan Crowfunding
Fintech jenis ini bisa juga disebut sebagai marketplace finansial. Platform fintech ini akan mempertemukan para pemberi pinjaman atau investor dengan para pencari pinjaman. Para investor tersebut nantinya akan memperoleh keuntungan berupa bunga dari dana yang dipinjamkan kepada para nasabah. Contohnya yaitu Amartha yang merupakan fintech ojk.

Proses pinjaman melalui P2P biasanya lebih praktis karena cukup dilakukan dalam satu platform, biasanya berupa website.

Amartha Mikro Fintek merupakan pionir Peer to Peer (P2P) Lending Fintech di Indonesia yang telah terdaftar dan berizin oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain memberikan layanan Peer to Peer atau pinjam meminjam untuk modal usaha bagi pelaku usaha di pedesaan, Amartha juga memiliki misi untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi di Indonesia.

2.     Payment, Clearing, dan Settlement
Fintech jenis ini bergerak di bidang pembayaran, layanan sistem pembayaran tersebut bisa diselenggarakan oleh industri perbankan atau oleh Bank Indonesia, seperti SKNBI, BI-RTGS, hingga BI-SSSS.

Manfaat yang dihadirkan oleh fintech jenis ini yaitu kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran yang cepat, aman, praktis, dan juga aman.

3.     Manajemen Risiko dan Investasi
Pada jenis fintech yang satu ini,  Anda akan menerima layanan berupa penasehat atau perencana keuangan, platform perdagangan online, dan asuransi.

4.     Market Aggregator atau Provisioning
Pada jenis fintech ini Anda akan mendapatkan kemudahan dalam mengambil keputusan, karena pada dasarnya jenis fintech ini mengumpulkan dan mengolah data yang dimanfaatkan untuk menyediakan fitur perbandingan produk yang meliputi harga, manfaat, hingga layanan yang ditawarkan.

Itu tadi beberapa jenis fintech yang bisa Anda jadikan sebagai referensi pilihan. Meski begitu, jumlah fintech jenis P2P lending merupakan jenis fintech yang mengalami pertumbuhan paling pesat. Pertumbuhan tersebut seiring dengan aturan P2P lending yang diluncurkan oleh OJK.

Postingan populer dari blog ini

Cara mengangkat Kelinci yang benar

Selama ini tak sedikit orang berasumsi bahwa tutorial membawa kelinci merupakan dengan memegang kedua telinga kelinci alias kedua kaki kelinci. Dalam merawat kelinci, perhatikan juga tutorial mengangkatnya. Faktor ini tak bisa diperbuat sembarangan. Perlakuan yang salah bisa memunculkan hal-hal yang memenyesalkan, semacam cacat permanen serta rusaknya pembuluh darah. Tak sedikit orang membawa kelinci dengan memegang kedua telinganya.

Terbukti tutorial ini paling mudah, tapi sebernanya salah besar. Sebab telinga kelinci sangat sensitif serta tak kuat untuk menahan berat badannya sendiri. kalau tutorial ini diperbuat, otot serta syarag telinganya bakal rusak. Keusakan bakal lebih parah lagi kalau kelinci yang diangkat meronta-ronta. Posisi kepala bakal menjadi miring, jadi kelinci bakal cacat seumur nasibnya.
Untuk membawa kelinci besar, pegang kulit tengkut alias punggung dengan salah satu tangan. Begitu terangkat, tangan yang satu dipakai untuk mendukung tahap pantat. Kerjakan pelant…

Teknis Beternak Burung Kenari

Teknis beternak burung kenari sangat penting mengingat sekarang burung kenari terus di gemari serta diburu oleh para pengkegemaran jadi kehadiran burung kenari sekarang sengat langka serta harganya pun hingga jutaan rupiah, jadi langkah untuk meperbuat budi daya alias beternak burung kenari adalah prospek yang paling menjanapabilan sekarang ini. Tetapi usaha ternak burung kenari tak lah gampang. Dibutuhkan ketelitian serta kejelian dalam menjalankan usaha ternak burung kenari. Dalam faktor ini ada beberapa langkah yang wajib diperhatikan bila kamu serius ingin beternak burung kenari.

Lokasi Usaha Langkal awal persiapan tempat alias lahan, dalam faktor ini dibutuhkan lahan yang luas serta lingkungan yang bersih sebab burung kenari sangan sensitif kepada lingkungan yang kotor.
Kandang Langkah selanjudnya adalah membikin kandang alias sangkar, kandang sebaiknya yang tertutup tetapi mempunyai ventilasi udara yang keren jadi burung kenari tak kepanasan. Serta sebaiknya usahakan letak kand…

Cara Memelihara Kelinci

Akhir-akhir ini, kami liat terus ramai orang yang berminat untuk merawat kelinci atas beberapa faktor, khususnyanya pastilah disebabkan oleh kecomelannya. Faktor ini bisa dilihat melewati statistic pengunjung dalam blog-blog mengenai kelinci terus meningkat, begitu juga buku-buku mengenai tutorial pemeliharaan kelinci pun terus tak sedikit di pasaran. Penjual kelinci di petshop pun terus tak sedikit. Tetapi, untuk merawat kelinci tidaklah semudah mengucapkan A, B, C yaitu beli, beri makan dan biarkan begitu saja. Semuanya lebih dari itu. Bagi kamu yang ingin mengenal lebih lanjut mengenai cara-cara merawat kelinci, silakan baca trik dibawah ini.

Beri pakan dan air bersih setiap hari. Bedakan pemberian jumlah makanan untuk kelinci diusia bawah 5 bulan dengan kelinci diusia 6 bulan ke atas. Kelinci yang usianya dibawah 5 bulan butuh diberi makan pellet secukupnya, sedangkan untuk kelinci 6 bulan ke atas wajib di ukur  jumlah pelletnya tergantung terhadap berat badan dan usia kelinci. T…