Langsung ke konten utama

Cara Memelihara Kelinci

Akhir-akhir ini, kami liat terus ramai orang yang berminat untuk merawat kelinci atas beberapa faktor, khususnyanya pastilah disebabkan oleh kecomelannya. Faktor ini bisa dilihat melewati statistic pengunjung dalam blog-blog mengenai kelinci terus meningkat, begitu juga buku-buku mengenai tutorial pemeliharaan kelinci pun terus tak sedikit di pasaran. Penjual kelinci di petshop pun terus tak sedikit. Tetapi, untuk merawat kelinci tidaklah semudah mengucapkan A, B, C yaitu beli, beri makan dan biarkan begitu saja. Semuanya lebih dari itu. Bagi kamu yang ingin mengenal lebih lanjut mengenai cara-cara merawat kelinci, silakan baca trik dibawah ini.

Cara Memelihara Kelinci

Beri pakan dan air bersih setiap hari. Bedakan pemberian jumlah makanan untuk kelinci diusia bawah 5 bulan dengan kelinci diusia 6 bulan ke atas. Kelinci yang usianya dibawah 5 bulan butuh diberi makan pellet secukupnya, sedangkan untuk kelinci 6 bulan ke atas wajib di ukur  jumlah pelletnya tergantung terhadap berat badan dan usia kelinci. Timothy hay (jerami bernilai tinggi) sangat baik untuk kelinci 6 bulan ke atas sebagai makanan ruji yaitu pemberian tanpa had, baik di siang hari maupun malam hari. Sedangkan alfalfa hay baik untuk anak kelinci umur dibawah 5 bulan dan untuk induk yang sedang mengandung dan menyusui. Faktor ini kerana pada alfalfa tak sedikit mengandung kandungan protein yang baik untuk pertumbuhan. Sayur-sayuran basah dan buah-buahan bisa juga diberbagi sebagai ‘treat’ terhadap kelinci anda, tetapi dalam jumlah yang sedikit saja. Saat malam merupakan saat yang paling aktif bagi kelinci, maka kelinci bakal makan lebih tak sedikit diwaktu malam hari. Sehingga jangan lupa untuk menyediakan makanan yang lumayan dan jaga kondisi air masih bersih dengan mengantikannya di setiap hari.

Bersihkan kandang kelinci dengan teratur. Kandang yang kotor bukan saja bakal mengajak bakteri dan jamur yang bisa membahayakan kesehatan kelinci, bahkan juga kamu sendiri.

Beri perhatian terhadap kelinci kamu setiap hari. Bermainlah dan luangkan waktu dengan kelinci kamu setidak lebih-tidak lebihnya sekali sehari supaya kelinci kamu merasa diperhatikan. Apabila kamu berniat untuk berpergian jauh, pastikan ada orang yang bisa menolong kamu untuk menjaga kelinci anda.

Sediakan permainan untuk kelinci anda. Tak butuh barang yang mahal, cukuplah sekadar rol tisu yang telah tak dipakai, maupun loceng dan biarkan kelinci kamu bermain bersama barangan tersebut. Tentunya kelakuan kelinci bakal mengajak senyum dibibir anda.

Perbuat pemeriksaan kesehatan dengan cara selalu di klinik hewan. minimal 6 bulan sekali. Faktor ini supaya kelinci kamu memperoleh vaksin supaya tak rentan terkena penyakit.

Pastikan kelinci dibiarkan lepas leluasa dikawasan yang tak tersedia fauna pemangsa dan makhluk perusak semacam kutu mahupun cacing.

Sediakan ruang kandang yang luas bagi kelinci anda. Jangan letakkan kelinci dalam kandang yang terlalu kecil maupun terlalu tak sedikit kelinci dalam satu kandang. Pastikan kelinci diletakkan seekor saja dalam setiap kandang bagi mempermudah tugas mengamati kesehatan kelinci anda.

Kelinci tak butuh dimandikan. biasanya, semacam fauna lain kelinci bakal membersihkan diri sendiri. Tetapi apabila kelinci terlalu kotor, cukuplah sekadar memakai ‘dry shampoo’ yaitu shampo kelinci tanpa bilas. Ditakuti apabila kelinci yang tak biasa dimandikan bakal mati dengan cara tiba-tiba kerana terkejut dengan perubahan suhu badan.

Pegang kelinci dengan tutorial yang betul. Jangan memegang kelinci dengan membawa kedua telinganya saja kerana ditersanjungn telinga kelinci tersedia jutaan saraf yang dikhatirkan apabila salah memegang bakal membahayakan kelinci anda. Genggam kulit belakang badan kelinci dan tampung badan kelinci dengan sebelah tangan lagi alias peluk kelinci macam peluk kucing (itu pun kalau kelinci kamu tak menendang dan mencakar). Demikianlah trik tutorial merawat kelinci, semoga berguna.

Postingan populer dari blog ini

Cara mengangkat Kelinci yang benar

Selama ini tak sedikit orang berasumsi bahwa tutorial membawa kelinci merupakan dengan memegang kedua telinga kelinci alias kedua kaki kelinci. Dalam merawat kelinci, perhatikan juga tutorial mengangkatnya. Faktor ini tak bisa diperbuat sembarangan. Perlakuan yang salah bisa memunculkan hal-hal yang memenyesalkan, semacam cacat permanen serta rusaknya pembuluh darah. Tak sedikit orang membawa kelinci dengan memegang kedua telinganya.

Terbukti tutorial ini paling mudah, tapi sebernanya salah besar. Sebab telinga kelinci sangat sensitif serta tak kuat untuk menahan berat badannya sendiri. kalau tutorial ini diperbuat, otot serta syarag telinganya bakal rusak. Keusakan bakal lebih parah lagi kalau kelinci yang diangkat meronta-ronta. Posisi kepala bakal menjadi miring, jadi kelinci bakal cacat seumur nasibnya.
Untuk membawa kelinci besar, pegang kulit tengkut alias punggung dengan salah satu tangan. Begitu terangkat, tangan yang satu dipakai untuk mendukung tahap pantat. Kerjakan pelant…

Teknis Beternak Burung Kenari

Teknis beternak burung kenari sangat penting mengingat sekarang burung kenari terus di gemari serta diburu oleh para pengkegemaran jadi kehadiran burung kenari sekarang sengat langka serta harganya pun hingga jutaan rupiah, jadi langkah untuk meperbuat budi daya alias beternak burung kenari adalah prospek yang paling menjanapabilan sekarang ini. Tetapi usaha ternak burung kenari tak lah gampang. Dibutuhkan ketelitian serta kejelian dalam menjalankan usaha ternak burung kenari. Dalam faktor ini ada beberapa langkah yang wajib diperhatikan bila kamu serius ingin beternak burung kenari.

Lokasi Usaha Langkal awal persiapan tempat alias lahan, dalam faktor ini dibutuhkan lahan yang luas serta lingkungan yang bersih sebab burung kenari sangan sensitif kepada lingkungan yang kotor.
Kandang Langkah selanjudnya adalah membikin kandang alias sangkar, kandang sebaiknya yang tertutup tetapi mempunyai ventilasi udara yang keren jadi burung kenari tak kepanasan. Serta sebaiknya usahakan letak kand…