Langsung ke konten utama

Cara Penangkaran Burung Cucak Ijo

Menagkar Burung Cucak Ijo nyatanya tidaklah mudah. Kamu wajib betul-betul mengetahui burung Cucak Ijo sebab hal kesusahannya lumayan tak sedikit. Salah satu yang tak jarang dialami penangkar Burung Cucak Ijo yang gagal, adalah suasana kandang. Tak sama dengan burung kicau lain, suasana kandang Burung Cucak Ijo wajib sangatlah terlindung dari gangguan suara bising, maupun suara binatang.

Cara Penangkaran Burung Cucak Ijo

Burung Cucak Ijo mempunyai naluri yang sangat peka. Ia tak boleh dibangun kaget oleh suara apapun. Apalagi apabila sedang mengerami telur. Ia bakal marah serta memecahkan telur yang dieraminya.

Langkah awal untuk menangkar Burung Cucak Ijo, adalah mencari pejantan serta betina yang unggul. Ciri jantan unggul, adalah berparuh besar, mata lebar, lumayan umur, fisik sehat dengan tanda rutin berkicau, serta postur tegap. Apabila didekatkan lawan jenis, pejantan bakal cepat berahi, dengan cirri-ciri bulu di tahap kepala berkembang serta berkicau untuk hebat perhatian betina. Sedangkan betina unggul, cirinya lumayan umur, tubuh tahap bawah lebar, serta rutin menjulurkan lidahnya, sambil mengeluarkan suara ciitt..citt…setiap kali ditunjukkan lawan jenisnya. Kepalanya bakal menunduk serta mengkibas-kibaskan ekornya apabila sedang birahi.

Proses penjodohannya, sama dengan burung ocehan lainnya. Diawali dengan masa perkenalan di mana pejantan dilepas di sangkar besar, sedang betina ditempatkan di sangkar soliter (sangkar gantung). Pasangan ini dapat dikatakan tepat, apabila pejantan rutin memburu betina serta mendapat respon dari pasangannya. Masa perkawianan hingga menghasilkan telur, membutuhkan waktu kurang lebih 14 hari. Telur kurang dari 3 butir. Telur berwarna krem, serta berbintik-bintik hitam. Terus sedikit telur yang dihasilkan, terus keren nilainya.

Pada saat mengerami, Burung Cucak Ijo rutin berada disarangnya, sedang pejantan bertugas menjaga serta mencari makan. Dalam situasi semacam ini, perawatan wajib hati-hati, setiap kali memberbagi makan alias minum di dalam sarang, jangan hingga membikin burung terkejut serta panik. Masa mengerami adalah saat yang sangat penting, dalam proses sukses serta tidaknya menangkar Burung Cucak Ijo. Apabila telur sukses menetas, maka tugas perawat adalah menjaga kondisi kandang dari gangguan semut, serta menyediakan porsi makanan yang lebih untuk pertumbuhan piyik. Seusai telur menetas, bukan berarti telah aman. Sebab piyik tetap dalam kondisi kritis, hingga berusia kurang lebih dua minggu.

Saat piyik telah berusia kurang lebih satu bulan, perawat dapat memisahkan dari induknya supaya keamanan serta pola makannya lebih terjaga. Selanjutnya, pasangan cucak ijo ini dapat cepat memproduksi telur lagi.

Untuk memelihara piyik, siapkan sangkar soiter dengan ukuran lumayan besar, serta beri alas untuk penghangat tubuh piyik. Makanan yang diberbagi, sebaiknya adalah kroto yang dilembutkan dengan poor. Untuk meloloh (menyuapi) piyik. Sebaiknya diperbuat setip saat dengan porsi secukupnya. demikian tutorial penangkaran burung cucak ijo, Selamat mencoba.

Postingan populer dari blog ini

Cara mengangkat Kelinci yang benar

Selama ini tak sedikit orang berasumsi bahwa tutorial membawa kelinci merupakan dengan memegang kedua telinga kelinci alias kedua kaki kelinci. Dalam merawat kelinci, perhatikan juga tutorial mengangkatnya. Faktor ini tak bisa diperbuat sembarangan. Perlakuan yang salah bisa memunculkan hal-hal yang memenyesalkan, semacam cacat permanen serta rusaknya pembuluh darah. Tak sedikit orang membawa kelinci dengan memegang kedua telinganya.

Terbukti tutorial ini paling mudah, tapi sebernanya salah besar. Sebab telinga kelinci sangat sensitif serta tak kuat untuk menahan berat badannya sendiri. kalau tutorial ini diperbuat, otot serta syarag telinganya bakal rusak. Keusakan bakal lebih parah lagi kalau kelinci yang diangkat meronta-ronta. Posisi kepala bakal menjadi miring, jadi kelinci bakal cacat seumur nasibnya.
Untuk membawa kelinci besar, pegang kulit tengkut alias punggung dengan salah satu tangan. Begitu terangkat, tangan yang satu dipakai untuk mendukung tahap pantat. Kerjakan pelant…

Cara Memelihara Kelinci

Akhir-akhir ini, kami liat terus ramai orang yang berminat untuk merawat kelinci atas beberapa faktor, khususnyanya pastilah disebabkan oleh kecomelannya. Faktor ini bisa dilihat melewati statistic pengunjung dalam blog-blog mengenai kelinci terus meningkat, begitu juga buku-buku mengenai tutorial pemeliharaan kelinci pun terus tak sedikit di pasaran. Penjual kelinci di petshop pun terus tak sedikit. Tetapi, untuk merawat kelinci tidaklah semudah mengucapkan A, B, C yaitu beli, beri makan dan biarkan begitu saja. Semuanya lebih dari itu. Bagi kamu yang ingin mengenal lebih lanjut mengenai cara-cara merawat kelinci, silakan baca trik dibawah ini.

Beri pakan dan air bersih setiap hari. Bedakan pemberian jumlah makanan untuk kelinci diusia bawah 5 bulan dengan kelinci diusia 6 bulan ke atas. Kelinci yang usianya dibawah 5 bulan butuh diberi makan pellet secukupnya, sedangkan untuk kelinci 6 bulan ke atas wajib di ukur  jumlah pelletnya tergantung terhadap berat badan dan usia kelinci. T…

Teknis Beternak Burung Kenari

Teknis beternak burung kenari sangat penting mengingat sekarang burung kenari terus di gemari serta diburu oleh para pengkegemaran jadi kehadiran burung kenari sekarang sengat langka serta harganya pun hingga jutaan rupiah, jadi langkah untuk meperbuat budi daya alias beternak burung kenari adalah prospek yang paling menjanapabilan sekarang ini. Tetapi usaha ternak burung kenari tak lah gampang. Dibutuhkan ketelitian serta kejelian dalam menjalankan usaha ternak burung kenari. Dalam faktor ini ada beberapa langkah yang wajib diperhatikan bila kamu serius ingin beternak burung kenari.

Lokasi Usaha Langkal awal persiapan tempat alias lahan, dalam faktor ini dibutuhkan lahan yang luas serta lingkungan yang bersih sebab burung kenari sangan sensitif kepada lingkungan yang kotor.
Kandang Langkah selanjudnya adalah membikin kandang alias sangkar, kandang sebaiknya yang tertutup tetapi mempunyai ventilasi udara yang keren jadi burung kenari tak kepanasan. Serta sebaiknya usahakan letak kand…